Senin, 22 Mei 2023

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Gampang Banget!

Pendapatan dari Iklan
Salah satu penghasilan yang bersumber dari blog umumnya berasal dari iklan yang dipasang. Prinsipnya sama seperti Koran ataupun majalah yang menjual kolom iklan.

Semakin tinggi traffic blog, semakin mahal pula bayaran ruang iklan di blog kamu. Salah satu tips yang perlu dijalankan adalah dengan memasang Google AdSense untuk meningkatkan traffic blog.

Pendapatan dari Afiliasi
Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah menjadikan konten yang kamu tulis untuk mengarahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang kamu tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan.



Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika memiliki pembaca yang setia, kemungkinan pembaca blog mengikuti rekomendasi yang telah kamu buat sangat besar.

Mengadakan Event
Mengadakan event bagi para blogger pemula tak harus dalam skala besar. Bagi yang telah memiliki pembaca setia, kamu bisa mengundang pembaca ke dalam event dan menerapkan tarif.

Dari sinilah kamu bisa mendapatkan pemasukan. Bagi yang belum pernah membuat event sendiri, Mulailah dengan event pertemuan antar blogger, maupun pembaca dalam skala yang kecil terlebih dahulu. Selain mendapatkan income dari tarif tiket, kamu pun bisa mencari sponsor event tersebut.

Recurring Income
Nah, yang dimaksud recurring income adalah dengan cara menerapkan keanggotaan program atau loyalty programm. Itu artinya untuk member tertentu, mereka bisa mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar.

Jasa atau layanan
Selain memasang iklan, blog yang kamu miliki pun bisa digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya kamu tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungi kamu. Berbeda halnya jika menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga.

Produk
Produk-produk yang umumnya di jual oleh blogger adalah berupa buku maupun barang-barang yang sifatnya tidak terlalu jauh dari kegiatan blogging. Produk buku memang tergolong cukup memakan waktu, lantaran harus dipikirkan secara matang.

Namun keuntungannya jika memasarkan sendiri melalui blog pribadi, buku yang kamu jual tak akan dikenakan margin. Tidak seperti jika menjual buku melalui sistem konsinyasi

0 komentar:

Posting Komentar